Selasa, 19 Mei 2015

Ingin Hidup Lebih Baik ? Ini 3 Tekniknya!




1. BERPIKIR POSITIF

          Anda mampu berpikir positif jika anda mau :
  • Ikhlas untuk memaafkan diri sendiri dan orang lain. Anda mempunyai kemampuan untuk mengingat kebaikan diri sendiri dan orang lain serta berpikir dari sudut pandang berbeda untuk menemukan hikmah dan pelajaran positif dari suatu kejadian atau respon dari diri anda maupun orang lain. Memaafkan berarti anda melupakan perasaan negative yang timbul dari peristiwa di masa lalu dan membuka diri untuk menerima diri anda dan orang lain guna membina interaksi atau hubungan baik kembali.
  • Membuat anda senantiasa bahagia. Perasaan bahagia akan mempengaruhi penerimaan infromasi dan persepsi (cara pandang) anda serta bahasa tubuh anda di lingkungan social. Belajarlah untuk senantiasa melatih diri anda tersenyum setiap hari. Anda bisa melakukan dengan tersenyum di depan cermin pada saat hendak tidur atau bangun tidur selama 3 menit atau mencoba menjaga senyum anda ketika berinteraksi dengan orang lain.
  • Mau menghormati dan menghargai diri sendiri dan orang lain. Anda akan menjadi pribadi positif jika anda mau mengakui kelebihan diri anda dan orang lain serta menghormati orang lain untuk melaksanakan hak dan kewajibannya serta menghargai setiap usaha dan peran serta orang lain dalam pekerjaan serta memberikan apresiasi positif terhadap pencapaian prestasi yang diraih oleh anda maupun orang lain. Bangun komunikasi positif dan hindari prasangka negative akibat keingintahuan anda yang tidak terpecahkan dalam komunikasi.

2.  MAU BELAJAR

      Anda bisa menjadi pribadi cerdas jika anda mau :
  • Memperluas wawasan anda dengan membaca. Pergunakan waktu luang anda untuk membaca kitab suci, buku, artikel, Koran untuk menemukan informasi dalam menjawab permasalahan pekerjaan maupun kehidupan. Cobalah anda membaca peluang yang bisa anda manfaatkan untuk pencapaian prestasi anda, menemukan potensi diri untuk diberdayakan dan membaca situasi lingkungan social agar anda mampu berinteraksi dan merespon secara baik
  • Belajar dari pengalaman kesuksesan dan kegagalan diri anda dan orang lainPengalaman adalah guru yang berharga karena menciptakan sejarah dan menjadi cermin anda untuk bertindak di masa depan. Cobalah anda berpikir untuk menemukan pola pikiran dan tindakan yang menyebabkan anda maupun orang lain mendapatkan kesuksesan maupun kegagalan. Jadikan pola tersebut sebagai panduan anda untuk melakukan tindakan di masa depan sesuai sumber daya yang anda miliki agar anda dapat bertindak secara tepat guna. Temukan sosok idola anda dan pelajari faktor penyebab dia menjadi sukses dan cobalah anda mengikuti langkah-langkah positif yang sederhana dan mudah dilakukan oleh anda yang menjadikan dia mampu meraih kesuksesan.
3.  KONSISTEN

           Anda bisa menjadi pribadi yang berprestasi jika anda mau :
  •    Membuat perencanaan kerjaAnda tentu mempunyai komitmen untuk sukses. Dan anda pasti mempunyai impian di masa depan sebagai tujuan atau goal anda. Impian itu tidak akan terwujud tanpa tindakan anda yang konsisten. Impian besar dalam mewujudkannya membutuhkan perencanaan dan target hasil dan waktu pencapaian. Mulailah dari sekarang anda membuat perencanaan sederhana untuk mewujudkan impian anda, seperti :
1)   Apa target yang ingin anda capai di masa depan?
2)   Apa manfaat terbesar bagi anda jika target itu terwujud?
3)   Apa resiko yang akan anda hadapi selama proses mewujudkannya?
4)   Berapa lama anda dapat mencapai target tersebut?
5)   Apa yang anda harus lakukan untuk mencapai target tersebut?
6)   Apa hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak mempengaruhi anda dalam mewujudkannya?
7)   Siapa saja orang yang perlu anda jadikan sebagai mentor (pembimbing) yang bisa anda ajak untuk bertukar pikiran?

  •    Mempunyai semangat tinggi, Semangat tinggi sangat menentukan dalam memotivasi anda untuk bertindak secara konsisten. Cobalah anda membuat dream board (papan impian) atau resolusi tertulis yang anda ingin raih di masa depan. Gunakan visualisasi untuk memberikan gambaran impian anda, seperti anda mencari gambar mobil, rumah atau tempat rekreasi yang ingin anda capai. Dan senantiasa mensyukuri apapun yang Tuhan berikan kepada anda dengan tetap mempunyai keyakinan impian anda pasti terwujud. Hindari sikap mengeluh atau menceritakan penderitaan anda kepada orang lain yang dapat membuat anda lemah dan ketergantungan

0 komentar: